Airsac catfish: Hewan Terancam Punah

Airsac catfish: Hewan Terancam Punah

Airsac catfish
Airsac catfish

Airsac catfish

 Airsac catfish adalah salah satu ikan yang lebih tidak biasa ditemukan di Sri Lanka – terutama karena menghirup udara! Sementara kebanyakan ikan memiliki insang yang membantu mereka mengambil oksigen dari lingkungan berair mereka – lele ini memiliki kantung udara panjang yang bertindak seperti paru-paru, memungkinkan lele untuk menghirup udara.

Ancaman Airsac catfish

Meskipun hanya tumbuh sekitar 15 cm (kira-kira seukuran tangan orang dewasa), lele airsac ditakuti oleh nelayan setempat karena duri beracun yang tajam di setiap sirip dada yang dapat memberikan sengatan menyakitkan pada siapa pun yang mengarungi wilayahnya.

Tempat Hidup Airsac catfish

Ikan nongkrong di sekolah sekitar sepuluh. Mereka asli Sri Lanka dan dapat ditemukan di barat daya negara itu.

Mereka kebanyakan hidup di air tawar dan payau di daerah yang terkena dampak manusia, seperti parit dan rawa. Pada malam hari Anda dapat menemukan ikan-ikan yang mencari makan dan memakan baik tumbuhan maupun hewan.

Baca Juga: Spesies Ikan Air Tawar

Penyebab Airsac catfish Teracam Punah 

Ikan ini rentan terhadap kepunahan – terutama karena bahan kimia yang digunakan dalam pertanian yang terbawa arus dan sungai. Karena ikan lele ini hidup di daerah kecil, mereka sangat berisiko tinggi terkena polusi, lalu maraknya pembangunan dan pembukaan lahan pertanian yang membuat ruang lingkup ikan ini ikut tergusur dan menambah pencemaran air.

Baca Juga: Spesies Ikan Di Seluruh Dunia

Empat kata yang mungkin tidak Anda ketahui

  • Payau: air agak asin
  • Omnivora: organisme yang memakan tumbuhan dan hewan.
  • Sekolah: sekelompok besar ikan
  • Sirip dada: pada ikan, sirip dada ditemukan di setiap sisi tubuh tepat di belakang insang. Mereka umumnya digunakan untuk menyeimbangkan dan pengereman.
Itula sedikit penjelasan mengenai Airsac catfish: Hewan Terancam Punah

LihatTutupKomentar

Featured Post

Alaska Blackfish: Ikan yang dapat hidup di air tanpa oksigen pada suhu nol derajat Celcius hingga 24 jam.

 Alaska Blackfish: Ikan yang dapat hidup di air tanpa oksigen pada suhu nol derajat Celcius hingga 24 jam. Alaska Blackfish Alaska Blackfish...