Alaska Blackfish: Ikan yang dapat hidup di air tanpa oksigen pada suhu nol derajat Celcius hingga 24 jam.

 Alaska Blackfish: Ikan yang dapat hidup di air tanpa oksigen pada suhu nol derajat Celcius hingga 24 jam.

Alaska Blackfish
Alaska Blackfish

Alaska Blackfish (Ikan Hitam Alaska)

(Dalis pektoralis)

Distribusi Alaska Blackfish

Blackfish Alaska didistribusikan di seluruh Siberia timur dan sebagian besar Alaska barat. Ikan hitam Alaska mendiami kolam, danau, dan rawa rawa di Suaka Margasatwa Nasional Togiak. 

Penampilan Alaska Blackfish

Ikan hitam Alaska memiliki bentuk tubuh memanjang dengan moncong bulat pipih. Warnanya samar, mereka dapat bervariasi dari hijau tua hingga coklat dengan pita tidak beraturan di sisinya. Ikan hitam Alaska jarang melebihi 8 inci panjangnya, meskipun spesimen telah dikumpulkan hingga 12,8 inci panjangnya di Alaska. 

Makanan Alaska Blackfish

Ikan hitam Alaska memakan berbagai mangsa termasuk zooplankton, serangga, dan ikan kecil. Ikan yang lebih besar diketahui kanibalistik secara oportunistik. Blackfish Alaska adalah mangsa bagi banyak predator , seperti tombak utara , blackfish Alaska lainnya, burung, dan manusia. 

Kehidupan Alaska Blackfish

Sejarah kehidupan ikan hitam Alaska tidak dipelajari dengan baik, tetapi diperkirakan mereka bertelur di musim semi dan musim panas di seluruh barat daya Alaska. Orang dewasa bertelur di sungai dan kolam yang tenang, menyebarkan telur yang telah dibuahi di vegetasi. Telur menetas dalam waktu sekitar dua minggu dan anak muda mungkin mendapatkan nutrisi dari kantung kuning telur mereka selama beberapa minggu. 


Pertumbuhan bisa cepat selama tahun pertama tergantung pada ketersediaan makanan dan suhu air. Sedikit yang diketahui tentang perilaku migrasi ikan hitam Alaska, tetapi diasumsikan bahwa pergerakan singkat terjadi antara daerah pemijahan dan tempat mencari makan. 


Ikan hitam Alaska dikenal karena kemampuannya untuk menahan kondisi keras yang ditemukan di kolam dangkal dan danau Alaska. Dongeng-dongeng diceritakan tentang kemampuan luar biasa ikan hitam Alaska untuk bertahan hidup dari pembekuan; namun, pembekuan total akan mengakibatkan kematian. Mereka dapat menahan pembekuan sebagian dari beberapa bagian tubuh, termasuk kepala. Ikan hitam Alaska juga dapat bertahan di air tanpa oksigen pada 0oC hingga 24 jam. Toleransinya terhadap oksigen rendah, kemampuannya untuk bertahan dalam kondisi hampir beku, dan makanan yang bervariasi memungkinkan blackfish Alaska untuk mengalahkan ikan lain di banyak daerah. 


Sumber

Morrow, James E. 1980. Ikan air tawar Alaska. Perusahaan Penerbitan Alaska Northwest. Pelabuhan Alaska.  


Fakta Tentang Ikan Hitam Alaska

  • Mereka dapat menahan pembekuan sebagian dari beberapa bagian tubuh, termasuk kepala. 
  • Ikan hitam Alaska juga dapat bertahan di air tanpa oksigen pada suhu nol derajat Celcius hingga 24 jam.

Itulah penjelasan mengenai spesies ikan Alaska Blackfish: Ikan yang dapat hidup di air tanpa oksigen pada suhu nol derajat Celcius hingga 24 jam.

LihatTutupKomentar

Featured Post

Alaska Blackfish: Ikan yang dapat hidup di air tanpa oksigen pada suhu nol derajat Celcius hingga 24 jam.

 Alaska Blackfish: Ikan yang dapat hidup di air tanpa oksigen pada suhu nol derajat Celcius hingga 24 jam. Alaska Blackfish Alaska Blackfish...