Cara Membuat Layouts Aquascape Air Asin

Cara Membuat Layouts Aquascape Air Asin. Tangki air tawar yang ditanam telah berkembang menjadi bentuk seni tersendiri, sedangkan estetika tangki air asin tetap sangat tidak berkembang. Sebagian besar tangki air asin masih terlihat seperti kios buah dengan koral yang dipajang.

cara menyusun layouts aquascape
Aquascapeing And Layouts

Saya percaya alasan utama untuk tidak terlalu memperhatikan tata letak tangki air asin adalah karena sangat sulit untuk membuat tangki air asin jelek. Belum ada kebutuhan untuk mempelajari cara membuatnya terlihat lebih baik seperti yang ada untuk tangki air tawar.

Lebih jauh lagi, setiap tangki air asin berurusan dengan sejumlah besar batu, biasanya sekitar 20% dari total volumenya. Tambahkan karang dan Anda biasanya mendapatkan kekurangan ruang yang luar biasa.

Jadi, bagi saya seni membuat tata letak tangki air asin pertama-tama terletak pada definisi ruang kosong. Dalam jangka panjang, dibutuhkan usaha yang luar biasa untuk menjaga ruang-ruang kosong ini sebagaimana mestinya: kosong. Selalu ada karang atau batu yang akan terlihat bagus di ruang itu.

Ketika saya berbicara tentang ruang kosong, saya terutama memikirkan bagian bawah dan belakang tangki. Harus ada ruang terbuka di pasir dan harus ada ruang terbuka di belakang tangki. Ruang terbuka di pasir adalah tempat kemurnian, di mana mata Anda bisa beristirahat. Ruang terbuka di belakang memberi kedalaman pada tangki.

Hal utama di sini adalah kontras. Kontras antara area yang dipenuhi dengan hal-hal menarik dan area yang benar-benar kosong. Kontras antara bentuk. Kontras antar warna. Kontras dalam cahaya. Kontras dalam ukuran. Kontras di ketinggian.

Bagaimana dengan kesehatan tangki? Bagaimana dengan kesejahteraan karang dan penempatannya sesuai dengan kebutuhan cahaya, arus, dll? Ah, ketika Anda berhasil mengawinkan persyaratan itu dengan semua "aturan" estetika ini, hasilnya adalah puisi yang sebenarnya. Tidak ada yang mengatakan itu mudah. Beberapa terlahir dengan itu, yang lain harus berjuang untuk mendapatkannya, tetapi semua orang bisa sampai di sana, dengan satu atau lain cara

saya tidak akan membahas terlalu banyak persyaratan kesehatan dan teknis di sini, itu adalah bagian besar dari teka-teki yang harus Anda teliti untuk diri sendiri dan menggabungkan dengan estetika. 

Cara Membuat Layouts Aquascape Air Asin

1. Ruang kosong aquascaping air asin

Terkadang, lebih sedikit atou lebih banyak ruang kosong?

Ketika Anda mengikuti evolusi sebagian besar tangki terumbu, mereka tampaknya mencapai titik di mana mereka tampaknya melihat yang terbaik sejak awal, dan sejak saat itu, itu menurun. Alasan utama yang menyebabkan tangki kehilangan "kesegaran" mereka adalah ruang kosong yang menyusut. Tidak hanya karang yang tumbuh, tetapi kami juga terus memasukkan lebih banyak karang dan atau batu di dalamnya. Kami juga bosan melihat tata letak yang sama, tetapi saya tidak akan membahas masalah itu.

Akuarium membutuhkan ruang terbuka. Ruang kosong ini dibutuhkan secara estetis dan ikan juga akan berterima kasih.

Jadi, katakanlah tangki Anda masih dalam usia dini dan Anda hanya memiliki setengah lusin karang. Jangan menyebarkannya ke seluruh tangki. Hal yang sama berlaku dengan batu. Ambil kesempatan dan ciptakan kontras: area yang dipenuhi karang dan area yang benar-benar kosong.

Ruang kosong juga membuat tangki Anda terlihat bersih, apakah itu pasir atau kaca belakang yang tidak tertutup.

Karang yang sering diletakkan di atas pasir tidak boleh ditempatkan seperti pulau. Mereka harus selalu ditempatkan tepat di sebelah batu, sehingga mereka adalah perpanjangan dari batu. Ini membantu melestarikan ruang terbuka di pasir.

Dan aturan dibuat untuk dilanggar. Anda harus memiliki alasan yang baik untuk menghancurkannya.

2. Estetika hewan Aquascaping

Indra estetis kita dapat dididik seperti kebanyakan indera manusiawi kita. Meskipun demikian, saya rasa sebagian besar dari Anda akan setuju dengan saya bahwa mekanisme yang mendukung kemampuan kita untuk merasakan sesuatu yang indah atau tidak berjalan sangat dalam. Ada sesuatu yang sangat mendasar seperti “indah itu baik” yang saya yakini kita bagikan dengan hewan. Jadi, menurut saya, kemungkinan besar kita tidak memiliki eksklusivitas dalam memandang kecantikan. Persepsi ini kemungkinan besar ditemukan jauh sebelum kita ada dan setidaknya ada di sini sebagai alat bantu seksual.

ikan untuk aquascape air asin
Estetika Ikan Aquascape

Dan itu adalah proses pendidikan untuk hewan juga. Bayi bebek yang dibesarkan oleh spesies bebek lain akan memilih betina dari spesies induknya, bukan miliknya.

Studi tentang warna menunjukkan bahwa warna/kombinasi warna yang berbeda menyebabkan emosi yang berbeda pada manusia. Kita semua tahu itu. Tetapi hal yang sama berlaku untuk hewan. Hitam dan kuning adalah tanda racun/bahaya bagi banyak hewan misalnya. Saya membaca di sebuah forum tentang seorang pria yang sedang melakukan pemeliharaan di tangkinya dan dia menempatkan sekelompok kardinal tetra di dalam kaleng merah. Ikan-ikan itu segera mulai melompat keluar dari air, satu demi satu dengan kecepatan yang lebih cepat daripada kecepatan yang bisa dia masukkan kembali ke dalam kaleng. Dia kehilangan banyak dari mereka dan dia harus memasukkan yang tersisa ke dalam kaleng dengan warna lain.

Maka mulai saat ini, saya tidak akan malu untuk menyatakan bahwa ikan memiliki rasa estetis.

Oleh karena itu, kita harus berusaha tidak hanya menyenangkan indera kita, tetapi juga indra hewan ketika membuat tata letak di dalam tangki. Tapi bagaimana kita bisa masuk ke dalam pikiran ikan? Atau pikiran hewan lain dalam hal ini? Lihat saja kasus Dr Temple Grandin.

“ Dengan menggunakan kemampuannya yang unik untuk mengamati dunia melalui mata binatang, dia telah mendesain ulang secara mendasar peralatan dan bangunan tempat mereka disimpan dan disembelih. Hari ini nasihatnya dicari dari seluruh dunia dan setengah dari ternak di AS mati dalam peralatan manusiawi yang dirancang olehnya. ” – BBC – Sains dan Alam – Cakrawala.

Kemampuannya unik dalam hal sejauh mana dia mengambilnya, tetapi jangan lupa bahwa kita (manusia dan hewan lain) tidak jauh berbeda. Jauh lebih mudah untuk menunjukkan persamaan antara manusia dan hewan lain daripada perbedaan. Itu hanya tergantung pada apa yang Anda cari: persamaan atau perbedaan.

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya: ketika kita mencoba membayangkan bagaimana perasaan hewan, kita hanya memproyeksikan perasaan kita sendiri pada hewan itu dalam situasi tertentu. Dalam melakukannya, kita mungkin benar atau salah, sama seperti kita bisa benar atau salah ketika kita melalui proses yang sama dengan orang lain. Beberapa situasi lebih mudah dipahami daripada yang lain, dalam hal proyeksi emosi kita pada orang lain. Betapa jauh lebih menyakitkan bagi seseorang untuk menyaksikan seorang anak laki-laki dibunuh daripada seekor binatang yang menjaga keturunan mereka? (Maaf untuk itu).

Sekarang kembali ke tata letak akuarium. Apa yang kita sukai sama dengan yang disukai ikan? Kadang iya, kadang tidak. Tidak terlalu membantu, tapi penuh harapan. Ini penuh harapan karena hampir setiap kali Anda melihat pemandangan atau pemandangan alam apa pun, Anda akan menemukannya indah. Alam itu indah, tidak peduli bagaimana warnanya bercampur. Kita “terprogram” untuk menemukan Alam yang indah. Mengapa hewan tidak boleh juga?

Jadi semua ini sampai pada kesimpulan yang brilian bahwa ketika kita mencoba membuat tangki yang indah, kita harus mengikuti contoh alami.

Tapi hati-hati: contoh-contoh alami benar-benar bisa dibuat-buat. Lihat apa yang dilakukan Takashi Amano dengan konsep “Alam Aquarium”. Dia tidak menciptakan lanskap air alami. Sebagian besar waktu sepertinya dia menciptakan lanskap alami lahan kering, seperti gunung, sungai, atau padang rumput. Sebagian besar dari kita yang telah melihat tanknya jatuh cinta pada mereka. Saya merasa bahwa ikannya juga menyukai mereka.

Tapi rumah adalah rumah; "Rumah adalah tempat hati berada". Ikan kemungkinan akan menemukan tempat yang indah yang tampak seperti rumah.

Anda mungkin bertanya: di mana rumah ikan? Apakah di sana dia dilahirkan? Di mana dia tumbuh? Di mana saja, selama dia sedang jatuh cinta? (Ini tidak sebodoh kelihatannya, karena banyak orang percaya ikan mereka bahagia selama mereka berkembang biak).

Saya akan memberitahu Anda ... Saya tidak tahu. Ini bukan subjek yang mudah untuk dipahami terutama karena kita (makhluk hidup) sangat mudah beradaptasi dengan berbagai macam kondisi dan cara kita memandang keindahan berubah dalam ruang dan waktu.

Di Alam, hasilnya rumit, tetapi aturannya sederhana. Dan ini adalah aturan yang harus kita temukan dan kemudian berlatih dan bereksperimen.

Dan banyak aturan kecantikan tampaknya bersifat universal. Kami mengubah persepsi kami tentang keindahan melalui hidup,

Anda mungkin berpikir bahwa jika semua orang mengikuti aturan yang sama, kreativitas akan hilang. Tapi lihat saja sebuah simfoni. Ini penuh dengan aturan namun ada begitu banyak yang berbeda. Aturan-aturan ini ada untuk menambahkan lapisan lain dalam pembuatan karya seni apa pun dan memperkaya proses pembuatan. Dan sangat penting: aturan ada untuk dilanggar juga. Tetapi ketika Anda melanggar sebuah aturan, ketahuilah mengapa aturan itu ada dan mengapa Anda tidak akan menerapkannya.

3. Penempatan Tangki, ruangan, dan orang-orangnya

Pernahkah Anda melihat serial tv berjudul Nip Tuck? 

Ini tentang kehidupan beberapa ahli bedah kosmetik. Mereka sangat bergaya, sangat keren, dingin di luar tetapi selalu terlibat dalam hubungan yang menggelora. Dan mereka memiliki tangki ikan di kantor: semacam tangki yang biasanya disebut sebagai "kapal laut palsu".

aquascape di ruangan dokter atou klinik
Dokter Dengan Aquarium

Dekorasi tangki terbuat dari karang putih mati di bawah lampu aktinik yang tampak steril dan tirai gelembung di sepanjang tangki. Tidak ada tanaman. Faunanya? cichlid Afrika. Orang yang mendesain tangki untuk pertunjukan itu benar-benar tahu apa yang dia lakukan. Tata letaknya dingin dan steril sementara penghuninya garang dan bersemangat.

Jika Anda memiliki dekorasi yang sangat bergaya, mengapa tangki Anda tidak harus bergaya juga? Jika itu bagus dan nyaman, mengapa perasaan itu tidak ada di dalam tangki juga?

Saat merencanakan tangki, Anda dapat mempertimbangkan bentuk, tekstur, pencahayaan, skema warna, dan perasaan keseluruhan ruangan.

Pada akhirnya, tangki Anda adalah kanvas Anda dan Anda dapat dan harus menggunakannya sebagai cara ekspresi artistik, intelektual, emosional, dan bahkan spiritual.

Vastu Shastra (http://en.wikipedia.org/wiki/Vastu_Shastra ) atau Feng shui ( http://en.wikipedia.org/wiki/Feng_shui ) dapat digunakan di ruangan tempat akuarium ditempatkan atau bahkan di dalam akuarium.

3. Batu Pada Aquascaping

Tangki yang lebih kecil lebih mudah diatur daripada yang lebih besar. Hanya setengah lusin batu dan Anda siap untuk pergi.

Tangki yang lebih besar mengharuskan Anda menentukan struktur batuan dengan potongan batu yang sangat kecil dibandingkan dengan tangki. Ini tidak mudah. Masing-masing struktur itu harus terlihat koheren sejak awal. Jadi, bila memungkinkan, dalam tangki besar, gunakan batu besar.

Anda dapat membuat area terutama dengan batu yang lebih besar dan area lain dengan batu yang lebih kecil.

Berikut adalah contoh tata letak berbatu oleh Ralf Lindberg untuk cichlid Tanganyika di mana teknik ini sangat jelas. Dia memiliki batu-batu besar di sebelah kanan dan batu-batu kecil di sebelah kiri:

menyusun batu dan karang untuk aquascaping
Struktur Layouts Batu Tangki Aquascape

Saya masih berpikir batu-batu kecil di sebelah kiri harus dihilangkan, menciptakan pantai pasir putih yang bagus, terbuka, besar, cerah.

Jika Anda melihat sebagian besar lanskap laut, Anda biasanya tidak melihat banyak puing-puing, Anda kebanyakan melihat potongan-potongan batu besar atau gunung-gunung besar.

Hindari mencampur batuan dengan tekstur dan jenis yang berbeda dalam struktur yang sama. Anda bahkan bisa lolos dengan dua jenis batu. Dengan tiga Anda sudah membuat kekacauan.

Tata letak air asin biasanya terlihat sangat berat dan tampilan berat ini menyebarkan perasaan ini ke ruangan tempat tangki berada.

Saat ini kami memiliki akses ke banyak jenis batu hidup dari berbagai belahan dunia dan bahkan batu buatan. Anda dapat menemukan batu normal, cabang karang, dan lempeng karang. Cabang dan pelat karang sangat berguna untuk membuat tata letak yang tampak lebih ringan.

Lempeng karang memproyeksikan diri ke dalam air seperti rak, sangat berguna untuk menempatkan karang. Berhati-hatilah dan jangan perlakukan mereka seperti rak yang meletakkan karang dengan sangat rapi di atasnya, menunjuk ke permukaan. Cobalah untuk menempatkan karang miring di atas lempengan terumbu sebagai kelanjutan dari lempeng itu sendiri.

Penempatan Lempeng Karang Aquascaping
Lempeng Karang Aquascaping

Jika Anda ingin tata letak yang tampak lebih ringan, Anda dapat mencoba menggunakan cabang karang untuk mendukung tata letak batu. Ini akan menciptakan semacam tata letak yang ditangguhkan, penuh dengan gua.

membentuk cabang karang seperti goa
Cabang Karang Berbentuk Goa

Tentang jembatan, sangat sulit untuk membuatnya terlihat alami di dalam tangki dan Anda tidak sering melihatnya di laut. Jembatan biasanya terlihat lebih baik ketika jatuh, mereka berubah menjadi "lengan" yang memanjang dari struktur batuan utama.

Terakhir, Anda harus memperhitungkan ruang yang akan diisi karang saat Anda membangun tata letak. Jangan mencoba untuk memiliki tata letak yang benar-benar jelas hanya dengan batu.

4. Komposisi Garis Dan Angka Aquascaping

Golden Ratio / Nomor Emas.

Angka 1.6180339887… dikenal dan digunakan pada zaman Renaisans sebagai Proporsi Ilahi dan bahkan sebelumnya oleh orang Yunani.

Berikut perhitungan geometriknya:

Komposisi Aquscape Dengan Golden Ratio
Komposisi Aquscape Dengan Golden Ratio

Bagi saya, untuk mempersingkat cerita, itu berarti ketika saya harus menemukan tempat yang tepat untuk sesuatu yang penting, saya akan menemukan bagian tengah dan kemudian bergerak sedikit ke kanan atau ke kiri. Sesuatu yang penting ini bisa berupa batu, karang atau, yang paling penting, ruang kosong. Jika saya harus membagi tata letak batu dalam dua struktur, saya biasanya menghindari membagi tepat di tengah, tetapi membuat perpecahan sedikit ke satu sisi.

Anda akan menemukan angka ini dalam proporsi tubuh manusia dan banyak hewan lain, tumbuhan, DNA, tata surya, seni, pertumbuhan populasi dan pasar saham, hanya untuk menyebutkan beberapa contoh.

Kami sepertinya menemukan kehadirannya enak dipandang. Dalam contoh karya Ralf Lindberg ini kita dapat melihat bahwa batu besar di bagian belakang, yang merupakan bagian tengah tangki, tidak persis di tengah tetapi sedikit ke samping kanan.

Penempatan Golden Ratio Pada Tangki Aquascape
Penempatan Golden Ratio Pada Tangki

Sekali lagi, ini hanyalah titik awal. Ada banyak keadaan lain yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan di mana tepatnya untuk membuat potongan bagian dan pada akhirnya mata Anda yang akan memberi tahu Anda di mana yang terbaik.

5. Penempatan Karang Seperlunya

Anda harus menempatkan karang sesuai dengan kebutuhan mereka tentang cahaya, arus dan tetangga. Dalam tata letak ada persyaratan seperti warna, bentuk dan tekstur.

Jika Anda memiliki rencana untuk memulai, tidaklah sulit untuk memenuhi kebutuhan karang dan estetika tata letaknya.

Seperti semua hal yang berhubungan dengan warna, pemahaman dasar tentang penggunaan roda warna membantu menciptakan skema warna dengan perkembangan warna, keseimbangan warna, dan harmoni yang teratur.

keseimbangan warna, dan harmoni yang teratur.
penggunaan roda warna dalam aquascape

Saat Anda ingin membuat area dengan karang, dan Anda ingin menghindari tampilan "semua orang muncul", Anda harus mencoba menemukan karang dengan warna yang sama atau warna tetangga. Jadi, area dengan karang oranye, cokelat, kuning, dan merah akan sangat cocok. Merah, ungu dan biru akan bekerja dengan baik juga atau hijau, kuning dan oranye.

memilih warna karang di roda warna dan menemukan tetangganya
memilih warna karang di roda warna

Ini sesederhana memilih warna di roda warna dan menemukan tetangganya. Perlu dicatat bahwa setiap irisan roda warna memiliki saturasi dan kecerahan yang berbeda. Anda dapat memiliki oranye terang atau gelap, kurang lebih jelas, lebih keabu-abuan, dll. Bahkan area yang hanya berwarna oranye bisa sangat menarik jika Anda mencoba bermain dengan nada oranye yang berbeda.

Warna yang sangat cerah seperti orang dengan kepribadian yang kuat dan intens: mereka dapat mencapai hal-hal hebat bersama-sama, tetapi jauh lebih sulit untuk membuatnya bekerja bersama.

Kemungkinan lain untuk menggabungkan warna e melalui strategi yang berlawanan: daripada menemukan warna yang sama, pilihlah warna komplementer. Ini adalah cara yang jelas untuk menciptakan kontras, tetapi jika Anda memilih nada pucat, alih-alih membuat area yang sangat kontras, Anda akan mendapatkan latar belakang yang kaya yang dapat digunakan untuk menempatkan warna yang lebih mencolok.

memperkaya tata letak Anda dengan menggabungkan warna
memperkaya tata letak Anda dengan menggabungkan warna

Anda dapat memperkaya tata letak Anda dengan menggabungkan kedua teknik ini: buat latar belakang dengan karang dari 3 warna tetangga dan kemudian tempatkan satu karang dengan warna yang kontras di area yang sama. Karang ini akan langsung menonjol.

Idealnya, tangki Anda akan memiliki 1 atau paling banyak 2 area yang sangat istimewa ini. Ini adalah tempat di mana mata Anda akan ditarik.

Penciptaan kontras paling jelas dengan penggunaan warna tetapi juga dapat dibuat dengan bentuk atau tekstur. Di daerah yang dipenuhi karang lunak, karang keras akan menonjol.

Di area yang sama Anda dapat bermain dengan kontras dan kesamaan pada saat yang bersamaan. Misalnya, bayangkan urutan ini dari kiri ke kanan: blue zoanthus, orange zoanthus dan orange montipora digitata. Zoanthus biru memiliki bentuk yang serupa dan warna yang kontras dengan zoanthus oranye tetangga. Montipora oranye melakukan hal yang sebaliknya: ia memiliki bentuk yang sangat berbeda tetapi warnanya sama. Biasanya bukan ide yang baik untuk mengubah semuanya sekaligus. Dua tetangga harus memiliki kesamaan. Satu pengecualian untuk ini adalah area yang sangat khusus di mana Anda menempatkan potongan-potongan yang Anda ingin menarik perhatian. Di area tersebut Anda dapat menyerang dengan kontras penuh dalam warna, bentuk, dll.

Jika Anda memiliki lembah, Anda telah menciptakan kontras yang luar biasa: ini adalah pembagian antara dua area. Biasanya merupakan ide bagus untuk membuat kedua sisi lembah serupa setidaknya dalam satu cara, apakah itu warna, bentuk, atau tekstur.

6. Ikan Dan Hewan Lainnya Di Aquascape

Ya, ikan juga merupakan bagian dari tata letak dan di antara semua faktor lain yang memengaruhi keputusan Anda tentang ikan dan kehidupan laut lainnya, tata letak akuarium juga dapat diperhitungkan.

Tentang ukuran: tidak peduli seberapa besar tangki Anda, ikan besar akan selalu membuatnya terlihat kecil.

Faktor lain yang mempengaruhi perspektif kita tentang ukuran adalah perilaku. Seekor ikan yang ada di mana-mana, yang dalam waktu 3 ou 4 detik berpindah dari satu sisi tangki ke sisi lainnya, akan selalu membuat tangki Anda terlihat kecil - dan lebih buruk dari kecil, itu akan membuat tangki Anda terlihat seperti penjara.

Jadi, menurut saya, ikan kecil yang tidak berenang terus-menerus secara acak melalui tangki, yang sebagian besar menggantung di area tertentu dari tangki adalah pilihan terbaik. Mereka juga memungkinkan Anda untuk mengambil opsi ekstrem ini dengan mempertimbangkan penampilan ikan dalam tata letak tangki.

Mari kita lihat ikan badut misalnya.

Ikan badut dalam anemon bubbletip akan terlihat bagus karena yang Anda dapatkan adalah gambar warna-warna hangat. Area clownfish yang lebih gelap dan terang memberikan kontras yang kaya.

poto Ikan badut dalam anemon bubbletip
Ikan badut dalam anemon bubbletip

Ikan badut dalam anemon biru memberikan kontras yang lebih kuat dan tetap terlihat bagus, tetapi lebih dramatis:

Ikan badut dalam anemon biru
Ikan badut dalam anemon biru

Jika tangki Anda sebagian besar adalah tangki karang dan Anda ingin memperhatikan karang, maka ikan tidak boleh memiliki warna yang kontras dan atau putih atau hitam.

Jika Anda ingin menarik perhatian ikan, maka karang harus memiliki warna yang kontras.

Sekali lagi, warna ikan bisa selaras di antara mereka sendiri. Misalnya, Anda dapat memiliki satu atau dua ikan yang sangat istimewa, dan memilih ikan lain sehingga warnanya memberikan "latar belakang" bagi ikan utama Anda untuk bersinar. Idealnya mereka akan memiliki warna yang kontras dengan saturasi rendah - kurang cerah.

Jika ikan "pertunjukan" Anda sebagian besar berwarna kuning cerah atau oranye, sekelompok chromis biru akan terlihat bagus. Seekor ikan merah akan terlihat bagus dengan sekelompok chromis hijau. Kontras ukuran dan bentuk juga bisa diperhitungkan.

Saya telah berbicara tentang ikan, tetapi hal yang sama berlaku untuk hewan lain.

Itulah menurut saya pribadi yang paling penting di perhatikan dalam Cara Membuat Layouts Aquascape Air Asin anda. saya telah menulis beberapa artikel terkait yang menurut saya penting untuk ada baca juga mengenai AQUASCAPE.

LihatTutupKomentar

Featured Post

Alaska Blackfish: Ikan yang dapat hidup di air tanpa oksigen pada suhu nol derajat Celcius hingga 24 jam.

 Alaska Blackfish: Ikan yang dapat hidup di air tanpa oksigen pada suhu nol derajat Celcius hingga 24 jam. Alaska Blackfish Alaska Blackfish...