Lungfish Afrika Ikan Prasejarah Yang Masih Bertahan Selama 400 Juta Tahun

lungfish Afrika Ikan Prasejarah Yang Masih Bertahan Selama 400 Juta Tahun

Protopterus annectens

Ikan lungfish Afrika hidup di rawa-rawa air tawar, perairan terpencil dan sungai-sungai kecil di Afrika Barat dan Selatan. Hewan prasejarah ini telah bertahan tidak berubah selama hampir 400 juta tahun dan kadang-kadang disebut sebagai "fosil hidup".


Kehidupan ikan paru-paru Afrika (African lungfish)

lungfish Afrika memiliki beberapa adaptasi yang menarik. Mereka memiliki dua paru-paru, dan dapat menghirup udara. Ini adalah fitur penting, karena mereka tinggal di dataran banjir di saluran air yang sering mengering. Untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa ini, lungfish mengeluarkan lapisan tipis lendir di sekitarnya yang mengering menjadi kepompong. Ia dapat hidup di luar air dalam kepompong ini hingga satu tahun, bernapas melalui paru-parunya sampai hujan mengisi kembali saluran airnya.

Ikan lungfish Afrika juga berhibernasi di dalam air. Ia menggali 1-9 inci ke dalam tanah dan puing-puing di dasar saluran airnya, kemudian bergoyang-goyang di lumpur untuk membuat ruang berbentuk bola lampu dan bersandar di sana dengan hidung mengarah ke atas. Tingkat metabolismenya melambat, dan nutrisi yang dibutuhkannya untuk bertahan hidup berasal dari pemecahan jaringan ototnya. Itu bisa bertahan hingga 4 tahun di negara ini.

African Lungfish dapat menggunakan kaki belakangnya yang tipis untuk mengangkat dirinya dari permukaan bawah dan mendorong dirinya ke depan. Ini mungkin karena mereka dapat mengisi paru-paru mereka dengan udara, menambah daya apung tubuh mereka di dalam air. Para ilmuwan percaya bahwa lungfish mungkin terkait erat dengan hewan yang mampu berevolusi dan datang dari air dan ke darat.

lungfish Afrika adalah omnivora, makan makanan bervariasi yang mencakup katak, ikan dan moluska serta akar pohon dan biji-bijian. Mereka tumbuh antara 6 dan 40 inci panjangnya, dan beratnya bisa mencapai hampir 8 pon.

Ikan lungfish Afrika betina bertelur di sarang di daerah yang rimbun di habitatnya. Setelah telur menetas, jantan menjaga anak-anaknya hingga dua bulan. Larva memiliki insang eksternal yang diserap kembali selama metamorfosisnya menjadi ikan paru-paru yang berkembang penuh. Saat lungfish Afrika berkembang dari remaja hingga dewasa, giginya menyatu membentuk pelat gigi, yang digunakan untuk mengunyah makanannya.

Baca juga : Semua spesies ikan dari seluruh dunia

Konservasi ikan lungfish Afrika

Ikan lungfish Afrika memiliki jangkauan yang luas, dan tidak ada ancaman yang meluas terhadap spesies ikan ini. Ini terdaftar sebagai Least Concern dengan International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Ikan lungfish Afrika di Kebun Binatang Oregon

Lungfish kebun binatang adalah betina bernama "Siti," yang berarti "wanita" dalam bahasa Swahili. Dia tinggal di Pameran Hutan Hujan Afrika dan makan makanan sehari-hari dari bau, tikus kecil dan cacing tanah, bersama dengan udang karang hidup sesekali untuk pengayaan.

Itulah penjelasan mengenai ikan fosil hidup atou Lungfish Afrika Ikan Prasejarah Yang Masih Bertahan Selama 400 Juta Tahun dan tidak mengalami perubahan sama sekali 

LihatTutupKomentar

Featured Post

Alaska Blackfish: Ikan yang dapat hidup di air tanpa oksigen pada suhu nol derajat Celcius hingga 24 jam.

 Alaska Blackfish: Ikan yang dapat hidup di air tanpa oksigen pada suhu nol derajat Celcius hingga 24 jam. Alaska Blackfish Alaska Blackfish...